Breaking News

Belasan Mantan Pekerja PT SGI Tuntut Hak THR dan BPJS Ketenagakerjaan

Km.
Playen, (suaragunungkidul.id)--
Belasan mantan karyawan PT. Sport Glove Indonesia (SGI) mendatangi kantor UD.Mutiara yang terletak di Padukuhan Gading 2, Kalurahan Gading, Kepanewon Playen, Rabu (09/09/2020). Mereka datang untuk menuntut hak pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Belasan pekerja tersenut dirumahkan beberapa waktu yang lalu oleh PT SGI yang saat ini berganti nama dan kepemilikan menjadi UD mutiara.
Diketahui bahwa PT SGI telah tutup dan telah merumahkan sebanyak 150 karryawan.

Korlap perwakilan tenaga kerja yang dirumahkan, Wastini warga padukuhan Gading IV, Kelurahan Gading, Kapanewon Playen pada saat audiensi menuntut kejelasan dan kepastian terkait status karyawan SGI yang sudah di rumahkan.

"Kami memohon kapan kepastian pembayaran dana Jamsostek, karena itu adalah hak kami. Kami juga meminta kepastian kapan penyelesaian THR yang menjadi hak karyawan sampai saat ini belum terbayarkan.

Menanggapi hal hal tersebut Kepala HRD PT. SGI, Agus Priyanto berdalih bahwa terkait dirumahkanya ratusan karyawan tersebut karena dampak Cobid-19. Kepada ratusan karyawan tersebut pihaknya meminta waktu untuk melunasi hak karyawan berupa THR dan BPJS Ketenagakerjaan yang belum terbayarkan.

"Kami akan berusaha mengurus secepatnya BPJS Jamsostek bagi karyawan. Informasi terbaru yang saya dapat, bulan Desember 2020 ini baru bisa pencairan," Jelas Agus.

Selain itu pihak management PT. SGI juga akan menyelesaiakan pembayaran THR karyawan sebesar Rp. 1.300.000 tiap karyawan,  yang selama ini baru bisa diberikan Rp. 500.000 per orang.

Sementara itu penanggung jawab UD Mutiara yakni Ridha Mustafa akan mengawal hak karyawan yang saat ini belum dibayarkan dan lambatnya pencairan.

"Seperti di kesepakatan antara Pewakilan Karyawan dan kepala HRD PT SGI, bahwa kekurangan  pembayaran THR akan di selesaiakan tanggal 18 September 2020 ini,"terang anggota DPRD Gunungkidul Fraksi Gerindra itu. 

Eka Wahyu

Tidak ada komentar