Breaking News

Ditengah Pandemi Covid-19, Pembukaan Pusaka Cupu Kyai Panjolo Tetap Dilaksanakan

Foto Cupu Panjale 

Panggang, (suaragunungkidul.net)-- 
Ritual pembukaan pusaka Cupu Kyai Panjala digelar di rumah juru kunci di Padukuhan Mendak, Kalurahan Girisekar, Kepanewon Panggang, bakal dilaksanakan pada tanggal 05 Oktober 2020.

Berbeda dengan sebelumnya,  kegiatan tersebut tidak dihadiri banyak orang lantaran kondisi pendemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi. Acara pembukaan Cupu Kyai Panjala rencananya akan tetap dilaksanakan dengan pembatasan pengunjung dan menggunakan protokol kesehatan.

Dwijo Sumarto juru kunci Kyai Cupu Panjolo menjelaskan bahwa,  acara tahunan tersebut sudah jauh - jauh hari dari sudah melaporkan kepada pihak pemerintahan Kalurahan Girisekar.

"Saya sudah membicarakan dengan Lurah Girisekar yang mana akan dilakukan rapat bersama kepemerintahan Kapanewon Panggang baik dari Polsek,tokoh Adat setempat,'ujarnya. 

Saat ini panitia tinggal menunggu hasil rapat yang dilaksanakan instansi tetkait.  Terkait keputusan,  pihak penyelenggara bakal mengikuti arahan dari Pemerintah.  
Namun demikian pihaknya berharap acara tersebut berjalan lancar tanpa harus ada yang dilanggar dan tidak menggurangi kesakralan acara. 

"Harapannya pandemi Covid 19 segera berlalu ,semoga dan disemogakan akan ada tanda-tanda yang keluar yang nantinya condong bahwa Virus Corona akan pergi,"imbuhnya.

Hasil rapat bersama menindaklanjuti acara pembukaan Cupu Panjolo yang diadakan dikediaman Kepala Lurah Girisekar Sutarpan menyimpulkan bahwa, acara tetap diselenggarakan namun dengan protokol yang ketat.

"Hasil musyawarah bersama nantinya disaat hari Pembukaan Cupu Panjolo pada tanggal 5 oktober 2020 malam 6 oktober 2020 akan ada pengurangan masa. Yang bisa memasuki area cupu panjolo daei panitia nantinya akan memberlakukan pengamanan ketat baik ring 1 ,2 dan 3 demi lancarnya acara, "terang Sutarpan

Tidak ada komentar