Breaking News

Nglipar Bakal Punya Destinasi Wisata Baru, Petilasan Jayeng Katong

Nglipar(suaragunungkidul.net) - Destinasi baru di Gunungkidul seakan tak ada habisnya, setelah di bukanya destinasi di berbagai wilayah di Gunungkidul kini bakal dibuka lagi destinasi anyar yang memiliki ciri khas sendiri juga berpedaan dari destinasi lain di Gujungkidul yaitu Petilasan Jayeng Katong.


Petilasan yang  Akhir akhir ini banyak diperbincangkan oleh pencinta sejarah terdapat di Kapanewon Nglipar Padukuhan Ngrandu Kalurahan Katongan, Kapanewon Nglipar.


Tempat yang memiliki bangunan berbentuk rumah limasan utuh dan di dalamnya ada beberapa makam. Konon petilasan tersebut menurut cerita di masyarakat merupakan makam para pengawal dari Pangeran Jaya Katwang dari Kadipaten Gelanggelang ( kini menjadi Madiun). 


Saat ditemui awak media, juru kunci petilasan, Sartono atau biasa dipanggil mbah Besar mengatakan bahwa bangunan dari petilasan yang di buat ratusan tahun lalu itu, sampai saat ini masih di jaga keaslianya. Dan setiap malam selalu ada yang ziarah ke petilasan tersebut.


"Setiap malam ada saja yg datang untuk sekedar begadang ataupun ngalap berkah(dalam bahasa jawa) tapi biasanya yang rame adalah kamis kliwon" Ungkap mbah Besar, Minggu, 19/09/2020


Sementara warga lain Sudarjo saat dibincangi wartawan mengatakan bahwa makam tersebut memang sangat di sakralkan oleh warga sekitar, bahkan setiap setahun sekali di pakai untuk tradisi Nyadran menjelang acara Rasulan (bersih desa) Katongan.


"pokoknya warga masyarakat masih menyakralkan tempat tersebut bahkan setiap malam kamis kliwon banyak yang datang ke petilasan tersebut," tutup Sudarjo


Eko W

Tidak ada komentar