Breaking News

Anggarkan Puluhan Juta, Lurah Nglindur Panen Sayuran Hidroponik

Girisubo, (gunungkidulsuara.com)--Pemerintah Kalurahan Nglindur Kepanewon Girisubo melaksanakan panen tanaman sayuran hidroponik. Tanaman sayuran dari berbagai jenis yang ditanam sebulan yang lalu itu berasal dari pemanfaatan sumber anggaran Dana Desa.

Inovasi tanaman sayur hidroponik satu - satunya Kalurahan di Kepanewon Girisubo itu disebut sebagai program ketahanan pangan, bersamaan dengan sulitnya perekonomian warga Kalurahan Nglindur saat pandemi Covid-19. 

Lurah Nglindur Kepanewon Girisubo Supriyana mengungkapkan, Pemerintah Kalurahan sengaja menganggarkan program ketahanan pangan sayuran hidroponik tersebut dengan Dana Desa tahun 2020 sebanyak Rp 30 juta. Dengan media berbahan trapezium sayuran yang ditanam berbagai jenis seperti Kangkung dan Sawi. 

"Hasil penanaman tersebut akan akan dikembalikan untuk pembelian bibit dan nutrisi, "kata Supriyana, Jumat (23/10/2020).

Supriyana menambahkan, nantinya panen kedua akan diberikan kepada para kader untuk kegiatan Pemberian Makanan Tambahan. 
Selain itu ketahanan pangan inovasi tanaman hidroponik ini sebagai bentuk pemenuhan gizi pencegahan untuk stunting. 

"Tanaman hidroponik merupakan suatu program yang dinilai hemat air dan tidak tergantung musim. Perawatannya juga sangat mudah, kita bekerjasama dengan kader pembangunan manusia,"imbuhnya.

Tidak ada komentar