Breaking News

Antisipasi Kecelakaan, Warga Rela Kerja Bakti Bersihkan Lumpur Di Jalan Mojojerit

Tanjungsari, (gunungkidulsuara.com)--Hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir menyebabkan adanya genangan air bercampur lumpur yang menggenangi sebagian bahu jalan di wilayah hutan Mojojerit, Kalurahan Hargosari, Kapanewon Tanjungsari.
Jalanan licin akibat adanya genangan  lumpur  setelah terjadi hujan deras di wilayah tersebut. 

Melihat kondisi itu beberapa anggota komunitas relawan Gunungkidul pada Jum'at malam (30/10/2020) melakukan aksi pembersihan lumpur yang menggenang di ruas jalan Wonosari - Tepus, 

"Tadi malam kami langsung melakukan pengkondisian setelah adanya informasi mengenai genangan lumpur yang membahayakan bagi pengendara kendaraan bermotor yang melintas," ungkap Ahmad Sabtu (32/10/2020)

Giat yang dimulai pukul 20.15 WIB tersebut melakukan pembersihan dua titik genangan lumpur di sepanjang hutan Mojojerit. Dengan menggunakan 1 unit mobil Damkar, serta 2 unit tanki dari Kapanewon Tanjungsari dan Tagana, jalanan dilakukan penyemprotan air untuk menghilangkan lumpur.

Tak hanya itu, relawan juga melakukan penggalian kembali parit/ selokan yang tersumbat oleh sampah serta tanah.

"Dengan dibukanya kembali parit/ selokan diharapkan nantinya kedepan tidak ada lagi lumpur yang menggenangi jalan,"imbuhnya. 

Di awal musim penghujan ini, masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dan waspada terhadap dampak yang mungkin dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca yang ekstrim.
Mengingat potensi La Nina juga akan berdampak di bebarapa wilayah di Kabupaten Gunungkidul.

Eka Wahyu

Tidak ada komentar