Breaking News

Lahan Pertanian Diserang Hama Tikus, Warga Getas Khawatirkan Produksi Jagung Menurun

Playen, (gunungkidulsuara.com)--Sejumlah Petani di wilayah Kalurahan Getas, Kapanewon Playen merasa resah. Pasalnya pada musim tanam saat ini hama tikus menyerang lahan milik para petani. Permasalahan tersebut dikhawatirkan akan menurunkan produksi tanaman mereka khususnya Jagung. 

Salah satu petani, Saryanti (52) warga Padukuhan Tanjung, Kalurahan Getas, Kapanewon Playen mengatakan bahwa, sejak beberapa hari lalu benih jagung yang di tanam petani telah habis di mangsa oleh hama tikus.

"Di tahun sebelumnya hasil dari pertanian jagung warga getas cukup bagus, namun adanya serangan hama tikus kali ini, jika tidak segara diatasi mungkin petani akan mengalami gagal panen," Keluh Saryanti, Kamis (29/10/2020).

Sebagian warga juga mencoba mengatasi hama tersebut dengan memasang perangkap, namun upaya itu disebutnya hanya sia - sia. Dia menyebut tikus menyerang tanaman warga dengan membuat galian di lahan-lahan pertanian. 

"Warga merasa kesulitan untuk membasmi hama tersebut,"imbuhnya. 

Hal senada diungkapkan Surahman warga Padukuhan Tanjung, Kalurahan Getas, Kapanewon Playen. Dia menjelaskan bahwa, petani saat ini merasa kesulitan untuk mengantisipasi adanya serangan dari hama tersebut.

"Kami tidak tahu, bagaimana mengatasi masalah ini.  Semakin di basmi, jumlah tikus malah semakin banyak yang menyerang pertanian warga," ungkap Surahman

Petani berharap dinas terkait dapat memberikan solusi agar masalah hama tikus ini dapat diatasi. Petani mengkhawatirkan produksi jagung tahun ini akan memgalami penurunan jika masalah hama ini tidak segera diatasi.

Eka Wahyu

Tidak ada komentar