Breaking News

Apel Siaga, Kapolres Sebut Gunungkidul Zona Utara Rawan Bencana

Wonosari, (gunungkidulsuara.com)--Wilayah Kabupaten Gunungkidul zona utara disebut menjadi lokasi yang paling rawan terjadi bencana.  Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan usai melaksanakan apel kesiapan siaga bencana.

Dalam kesiapsiagaan bencana tersebut sejumlah 300 personil Polisi diterjunkan. Selain Polisi, TNI, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Tim Sar dan PMI akan ikut terlibat dalam kegiatan siaga bencana. 

"Saat ini masuk musim penghujan.  Kita melaksanakan apel pengecekan personil peralatan jika nantinya terjadi bencana, "kata Agus usai apel di halaman Polres Gunungkidul, Selasa (10/11/2020).

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan bahwa,  wilayah zona utara menjadi lokasi yang mengalami rawan kebencanaan.  Seperti tanah longsor yang sering terjadi di Kepanewon Ngawen,  Patuk dan Gedangsari. 

"Puting beliung rawan terjadi di Kepanewon Nglipar dan Karangmojo, "imbuhnya 

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunungkidul Drajad Ruswandono menjelaskan bahwa,  Pemda mempersiapkan belanja tak terduga untuk anggaran kebencanaan. Anggaran sebanyak Rp 5 miliar itu masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan. 

"Di Gunungkidul potensi cukup bencana luas. Diperkirakan akan berakhir pada bulan Mei tahun 2021,"imbuhnya.

Tidak ada komentar