Breaking News

Budidaya Madu Lanceng Milik Warga Nglipar Tembus Pasar Nasional

Nglipar, (gunungkidulsuara.com)-- Sugeng Apriyanto (45th) warga  Padukuhan Ngrandu, Kalurahan Katongan, Kapanewon Nglipar telah berhasil mencipatakan ide briliant budi daya madu lanceng. Berkat keuletannya dia berhasil memasafkan madu lanceng miliknya hingga tembus pasar Nasional. 

Ketika awak media berkunjung ke rumahnya Sugeng, menuturkan berawal dari keinginannya untuk hidup mandiri dalam menghidupi keluarga kemudian dirinya mencoba peruntungan dengan mencoba berbagai usaha. 

"Saya dulu kerja di perusahaan besar jakarta sebagai marketing di Bakrie grup tapi saya terkena PHK sehingga saya memutuskan untuk pulang kampung membangun usaha,"kata Sugeng,  Rabu (04/11/2020).

Sebelumnya pemuda tersebut juga sempat melakukan budidaya lele dan berjualan tempe, sampai ia ikut bekerja di proyek milik mertuanya. Suatu ketika saat melihat sarang lanceng yang ada di triplek rumahnya, terbesit sebuah ide untuk mengemas sarang lanceng tersebut ke dalam wadah yang telah dipersiapkan sebelumnya

Dengan susah payah ia membangun usaha dari nol yang kemudian pada akhirnya jerih payahnya membuahkan hasil manis. Usahnya berkembang dan banyak diminati masyarakat. 

Usaha madu lanceng yang ia geluti untuk hasil produksinya sudah merambah hampir seluruh provinsi di indonesia bahkan pada kisaran tahun 2015 ia mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden.

"Ada berbagai macam variasi rasa yang di hasilkan oleh kelompok budi daya madu lanceng madu murni lanceng, madu lanceng  pahit dan manis ini tentunya bisa memberikan sensasi rasa bagi para penikmat madu" ungkapnya

Bahkan kini usaha yang digelutinya pun juga dapat menyerap tenaga kerja dari warga disekitar tempat tinggalnya untuk membantu proses pembudidayaan hingga pengemasan madu untuk didistribusikan kepada konsumen.

Seperti yang sudah di ketahui bahwa madu lanceng besar manfaatnya untuk stamina dan ketahanan tubuh

Eka Wahyu

Tidak ada komentar