Breaking News

Dunia Seni Berduka, Dalang Kondang Ki Seno Nugroho Berpulang

Yogyakarta, (gunungkidulsuara.com)--Kabar duka menyelimuti dunia kesenian wayang kulit, Dalang kondang Ki Seno Nugroho meninggal dunia di usia 48 tahun.  Dalang yang terkenal di live streaming youtube itu meninggal di RS PKU Muhammadiyah Gamping Sleman, Yogyakarta pada selasa malam pukul 22.15 WIB. 

Jenazah Ki Seno Nugroho disemayamkan di Padukuhan Gayam,  Kalurahan Argosari,  Kepanewon Sedayu Kabupaten Bantul. Ki Seno Nugroho rencananya akan dimakamkan di makam Semaki Gede Kota Yogyakarta pada Rabu siang pukul 13.00 WIB.

Calon Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo saat dikonfirmasi membenarkan kabar meninggalnya Ki Seno Nugroho. Pria yang juga sahabat dalang kondang itu mendapatkan kabar pada Selasa malam. 

"Saya dapat kabar sekitar pukul 22.30," kata Joko.

Belum diketahui sebab meninggalnya Seno Nugroho,  namun informasi yang beredar yang bersangkutan mengalami sakit jantung. 

Sosok Ki Seno Nugroho lahir di Kota Yogakarta pada tanggal 23 Agustus tahun 1972. Pada usia 10 tahun dalang dia sudah aktiv dan terjun di dunia seni pedalangan. 

Awal mula dia terjun ke dunia  dikarenakan kekagumannya terhadap sosok dalang senior  Ki Manteb Soedharsono. Kekaguman tersebug membuat Seno tertarik pada dunia seni khususnya pedalangan hingga namanya dikenal masyarakat luas. 

Sebagai seorang profesional, Seni dikenal secara luas sebagai dalang melalui pergelaran wayang kulit yang memadukan antara gagrak Surakarta dan gagrak Yogyakarta. Kekhasan lainnya yang membuat dia menjadi terkenal yakni saat menampilkan panakawan Semar, Garèng, Pétruk, Bagong dengan guyonan yang spontan, kontekstual, aktual, dan lucu.

Tidak ada komentar