Breaking News

Gerakan Tanam Padi Khusus, Kelompok Tani Kepanewon Semin Mendapatkan Bantuan Benih

Wonosari, (gunungkidulsuara.com)--Sejumlah Kelompok Tani (Poktan) di wilayah Kepanewon Semin mendapatkan bantuan benih sebanyak ribuan ton. Bantuan padi jenis Inpari 24 tersebut bakal dikembangkan di wilayah Kalurahan Semin. Salah satu kelompok tani yang mendapatkan bantuan benih padi yakni Poktan Ngudi Rahayu yang berada di Padukuhan Kalangan, Kalurahan Kalitekuk.  

Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Eni Nurindah mengayakan bahwa di Kapanewon Semin total pertanaman padi khusus yang akan dikembangkan seluas 62 hektar. Pengembangan tersebut tersebar dibeberapa Kalurahan. 

"Bantuan yang diterima petani adalah 25 kg benih padi beras merah Inpari 24 per hektar dan pupuk NPK 100 kg per hektar, "ujar Eni,  Rabu (04/11/2020).

Dia menambahkan, bantuan benih padi Inpari 24 dari Pemerintah untuk pengembangan khusus di Kapanewon Semin total sebanyak 1.575 kg benih. Selain padi Pemerintah juga memberikan bantuan pupuk NPK sebanyak 6,3 ton. 

"Khusus di poktan Ngudi Rahayu mendapatkan 10 hektar pengembangan padi khusus. Poktan telah melaksanakan gerakan tanam dengan penebaran benih padi Inpari 24,"imbuhnya. 
 
Terpisah Kasi Produksi Tanaman Pangan HK Adinoto mengatakan, varietas Inpari 24 yang dikembangkan memiliki potensi hasil yang lebih tinggi dari varietas lokal padi segreng. Menurut Adinoto para petani sebaiknya memperlakukan khusus untuk padi Inpari 24 sehingga dapat berhasil melakukan panen.

"Perlakuan khusus dengan penambahan pupuk organik yang sepadan serta memanfaatkan sisa limbah pertanian seperti jerami sebagai tambahan pupuk organik, tentunya setelah dilakukan fermentasi dengan bantuan decomposer seperti EM4 atau yang lainnya,"kata Adinoto.

Tidak ada komentar